DIGITAL MARKETING, JUALAN ONLINE DAN AVAIL BO
www.adipur25.blogspot.com |
Pada saat itu, saya bertemu dengan seorang humas sebuah organisasi/yayasan dan diskusi kecil - kecilan dengan dia. Menurut dia, cara dia sebagai humas dan memasarkan info/produk yang dia lakukan cukup dengan banyak upload gambar (kadang foto tidak jelas), Caption seadanya, sehingga menurut dia orang - orang akan penasaran dan tertarik mencari tahu, entah ilmu digital marketing darimana, tetapi pada akhirnya setelah itu saya diblock olehnya di FB.
Di masa karantina ini,
tidak sedikit teman - teman yang memutuskan untuk kemudian terjun berjualan
online, produk apapun untuk survive. Dimana kadang akun mereka bercampur antara
status galau, marah, alay dan jualan mereka. Sementara adanya algoritma FB
sebenarnya memperkecil jangkauan jualan mereka.
Facebook (Fanpage,
Marketplace, Group) sekarang ini telah menjadi salah satu tools marketing yang
penting bagi para penggiat bisnis online, Indonesia saat ini masih merupakan 5
besar pengguna facebook aktif di dunia. Saya akan membagi menjadi beberapa
point penting yaitu :
1. Persiapan Akun
2. Persiapan Produk
3. Analisa
4. Promosi
5. Evaluasi
1. Persiapan Akun
A. Akun Fanpage
Modal pertama yang
pastinya harus anda punya adalah sebuah akun facebook, akun disini diharuskan
sebuah fanpage agar terlihat lebih profesional dan bukan sebuah akun pribadi.
Sehingga nantinya akan mudah dilakukan sebuah promosi yang akan ditujukan ke
akun ini.
B. Informasi yang
Jelas
Ini hal yang paling
utama, pastikan informasi tentang bisnis anda tertera dengan jelas, berikut
informasi yang harus ada.
* Kontak yang dapat
dihubungi
* Alamat
* Penjelasan bisnis
anda
* Syarat dan Ketentuan
* Cara pemesanan
* Foto profil yang
jelas
* Banner yang jelas
2. Persiapan Produk
A. Produk anda harus
berkualitas
Bayangkan jika anda
menjadi seorang customer yang sedang mencari alat olahraga, apa anda ingin
barang yang anda beli jelek? baru sehari pemakaian langsung rusak? Tentu semua
orang tidak ingin hal ini terjadi.
Jadi barang yang harus
anda jual ataupun jasa yang anda berikan haruslah berkualitas baik dari segi
pelayanan, produknya, packaging, dan lainnya. sehingga ini menjadi sebuah
kelebihan utama dibandingkan para kompetitor anda.
B. Gambar dan
Informasi produk
ini yang sering
dilupakan penjual, saking malasnya foto yang digunakan blur, terkadang yang
parah malah mengambil dari google. para pembeli jika mendapati hal seperti ini
pastinya akan merasa barang anda adalah palsu dan jelek.
Jadi berikan foto
dengan kualitas yang bagus, beri border khas toko anda jika memungkinkan.
C. Manajemen Produk
Jangan sampai barang
yang anda pajang di katalog anda ternyata kosong atau habis, ini menimbulkan
rasa kecewa terhadap penjual. Bisa saja barang yang kosong tersebut adalah
barang yang benar benar sedang dicari oleh sang pembeli.
Berikan beberapa
kategori yang jelas (dapat berupa penamaan di album foto), sehingga pembeli
tidak pusing dalam mempelajari barang dagangan anda. Beri tau produk mana yang
terlaris dan promo. Ini akan memberikan experience yang baik terhadap pembeli.
3. Analisa
A. Pelajari kompetitor
anda
Wajib dilakukan jika
barang yang anda jual sudah sangat banyak penjualnya, apa yang membedakan anda
dari yang lain? Kenapa orang yang menjual barang yang sama dengan anda bisa
mendapat pembeli sedangkan anda tidak?
Pelajari bagaimana
cara mereka melakukan aktivitas di fanpage nya, bagaimana pelayanannya, apa
yang mereka tawarkan.
Kumpulkan data-data
tersebut, semakin banyak kelebihan dan kekurangan dari tiap kompetitor makin
baik.
Ambil semua kelebihan
mereka sehingga anda menjadi yang terbaik.
Jangan lupa pelajari
post seperti apa yang paling banyak mendapatkan tanggapan, post bagaimana yang
mendapatkan like terbanyak.
B. Pelajari Target
Pasar
Analisa siapa target
anda, sebagai contoh anda menjual produk hijab untuk kalangan anak muda umur
17-30 tahun.
Sesuaikan konten dari
segi bahasa dan desain yang disampaikan ke mereka, buat bahasa yang tidak
terlalu formal, santai, dan asik.
Sesuaikan juga kapan
waktu anda yang paling baik untuk melakukan posting sesuai target pasar anda.
Sebagai contoh secara
umum, waktu terbaik untuk posting adalah jam 9 pagi sampai 7 malam dan waktu
terbaiknya adalah jam 1 siang sampai 3 siang. Saat itu kita tahu orang yang
sedang bekerja sudah mulai tidak efektif karena istirahat makan siang dan lebih
banyak membuka sosial media.
4. Promosi
Sekarang kita baru
masuk ke intinya, bagaimana caranya fanpage anda ditemukan oleh jutaan orang
diluar sana yang aktif facebook setiap harinya.
A.Content Marketing
Berikan posting yang
bermanfaat, jangan selalu jualan produk saja. Karena kebanyakan orang mencari
sesuatu itu terhadap permasalahan mereka, bukan langsung produk apa yang
menjadi solusinya.
Kita ambil sebagai
contoh:
Jupri sering terkena
penyakit maag, sehingga apa yang dia cari adalah cara menanggulangi penyakit
maag, penyebabnya, dan solusinya.
Nah solusi (produk
anda) itu baru muncul di akhir, bukan diawal. Jadi pastikan content yang anda
berikan adalah memberikan informasi yang berguna terhadap suatu permasalahan
yang produk anda lah yang menjadi solusi terbaiknya.
Kita ambil contoh
lain. Anda memiliki toko komputer.
Berikan
content-content seperti:
* cara merawat
komputer yang jarang diketahui orang orang
* beberapa permasalah
komputer yang pasti anda jumpai serta solusinya
* cara membeli
komponen komputer agar tidak tertipu.
* Jual komponen, pc built up, laptop, dan aksesoris asli dan bergaransi resmi.
Kita dapat lihat judul
pertama dan kedua merupakan content umum yang siapa saja bisa membacanya,
termasuk orang-orang yang belum mempunyai masalah dengan komputernya.
Judul ketiga sudah
mulai spesifik ke permasalahan terhadap orang awam yang tidak begitu mengerti,
disini anda bisa memberikan tips bagaimana caranya membeli komponen komputer
agar tidak tertipu. Dan yang terakhir baru masuk ke pejualan.
B. Posting Grup yang
Berhubungan
Cari grup yang sesuai
dengan bisnis anda, tapi cari grup yang masih bersih.
Bersih disini artinya
grup tersebut tidak rusak dengan spam dan postingan tak berguna lainnya. Cari
yang masih aman dan bersih, biasanya grup ini ketat peraturannya, tapi tidak
mengapa ikuti aturan mainnya di setiap grup.
Pasrtisipasi aktif di
grup tersebut, ikut memberikan solusi jika ada member yang bertanya. Tapi
ingat, solusinya yang anda berikan JANGAN MENGARAH KE PENJUALAN PRODUK ANDA.
Berikan solusi yang
baik, berikan beberapa opsional solusi, misal ada yang bertanya dimana market
place yang bagus, anda dapat menjawab beberapa seperti tokopedia, bukalapak,
dan lainnya. Berikan kekurangan dan kelebihan didalamnya.
Setelah anda mendapat
kepercayaan yang dirasa cukup baru masuk soft selling. Baiknya perbandingan
antara jualan dan partisipasi aktif sekitar 1:3 sampai 1:54
Semakin banyak grup
yang anda bergabung didalamnya semakin bagus.
5. Evaluasi
Hal yang utama agar
penjualan anda semakin meningkat setiap bulannya adalah evaluasi.
Pelajari kenapa produk
A lebih banyak terjual dibanding yang lain, apa yang membedakan? Atur kembali
strategi konten yang anda berikan agar penjualan lebih maksimal.
Jangan lupa review
kembali produk-produk anda, mana yang stok nya habis, mana yang menjadi produk
terlaris, atur ulang kembali sesuai dengan kebutuhan anda.
Evaluasi ini penting,
sehingga anda bisa membuat target baru setiap bulannya.
Sumber :
Materi
Ruangguru Skll Academy Digital Marketing, Sukses bisnis secara Online
Materi
Widhi wedhaswara, Amartya Creative
Komentar
Posting Komentar